Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[ Wajib ] Hal Penting Yang Harus Anda Lakukan Dalam Membangun Sebuah Bisnis

 

HAL PENTING YANG HARUS ANDA LAKUKAN DALAM MEMBANGUN BISNIS

Pada saat anda mulai membangun kerajaan bisnis anda, apakah anda tahu apa yang harus dikerjakan agar bisnis anda menjadi besar dan sukses ? apakah anda cukup puas dengan sekedar menjadi produsen saja ? kemudian tanpa anda sadari bisnis anda sudah terjebak dalam strategi samudera merah ? beberapa strategi samudera biru seperti yang sudah dibahas dalam bab sebelumnya dapat anda terapkan.

Dari serial “the advisor series” Kiyosaki, Before Your Quit Your Job, terdapat lima komponen utama dalam membangun sebuah usaha atau bisnis, yaitu :

1.      Arus Kas

Beberapa hal yang termasuk arus kas diantaranya adalah laporan laba rugi, laporan arus kas, neraca dan sebagainya. Anda harus bisa membaca dan memahami laporan keuangan tersebut. Alasan mengapa arus kas diletakan di tingkat dasar adalah karena sebagian besar wilayah pekerjaan pengusaha akan berada disitu. Saat arus kas pengusaha hancur, maka hancurlah bisnisnya.

2.      Komunikasi

Biasa disebut pemasaran. Komunikasi ada elemen utama dalam perencanaan bisnis manapun. Pemasaran mencangkup segmentasi pasar, targeting, konsumen, pesaing, distribusi, hubungan, periklanan, penetapan harga, industri dan tren pasar, strategi pemasaran, dan sebagainya.

3.      Sistem

Pengendalian sistem sangat diperlukan mengingat kebanyakan pengusaha bekerja berdasarkan kebiasaan. Jadi apabila pengusaha tersebut sedang tidak berada disitu, maka usaha tersebut tidak bisa berjalan dengan semestinya. Bahkan kebanyakan bisa berantakan. Dengan pengendalian sistem yang kuat, anda bisa bebas tanpa harus terlibat di bisnis anda terlalu banyak.

4.      Hukum

Murphy’s Law (Hukum Murphy, segalanya dapat berjalan salah) pasti akan berlaku dalam bidang bisnis. Justru disaat anda berpikir bahwa anda tidak perlu bantuan hukum, anda memerlukannya. Hukum bisnis sangat beragam. Mulai dari pengurusan ijin gangguan sampai hak paten termasuk di dalamnya. Jadi, uruslah hukum bisnis anda sebelum sesuatu hal yang meragukan menimpa anda dikemudian hari.

5.      Produk

Disinilah pengusaha harus membuat sebuah produk atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen, tetapi mempunyai diferensiasi yang kuat.

Bagaimana jika anda tidak mampu menguasai kelima hal tersebut di atas ? atau anda hanya menguasai sedikit saja. Apakah masih mungkin bagi anda untuk terus membuka sebuah usaha anda ? ataukah nyali anda menjadi ciut karena bayang-bayang kebangkrutan menghantui anda ? jawabannya adalah, anda harus maju terus ! untuk menjawab seluruh ketakutan anda, maka anda dapat melakukan hal-hal berikut ini :

1.      Merekrut seseorang yang ahli di bidang-bidang tersebut untuk masuk ke dalam satu tim bisnis anda.

2.      Atau mempekerjakan orang yang ahli dari bidang-bidang tersebut untuk bekerja di perusahaan anda.

3.      Atau menggunakan konsultan di salah satu bidang tersebut, missal komunikasi atau pemasaran jika anda tidak ahli dalam hal tersebut.

Semoga bermanfaat buat teman – teman semua :)

Jangan lupa beri komentar dan share juga ya :)

Post a Comment for "[ Wajib ] Hal Penting Yang Harus Anda Lakukan Dalam Membangun Sebuah Bisnis"